kameracctvsemarang

Resolusi Kamera CCTV

Resolusi dalam dunia digital (ip camera) dan analog (kamera analog) adalah berbeda. Resolusi pada video analog diukur dengan satuan TVL (TV Lines) sedangkan pada video digital dengan satuan pixel.

Resolusi Kamera Analog

Ada dua standar televisi yang digunakan, yaitu NTSC (National Television System Committee) and PAL (Phase Alternating Line). Di Amerika Utara dan Jepang digunakan standar NTSC, sedangkan di Eropa dan kebanyakan negara di Asia dan Afrika menggunakan standar PAL. Oleh DVR, sinyal video analog ini diubah menjadi digital untuk disimpan dan ditrasnmisikan melalui protokol TCP/IP. Sehingga resolusi video hasil rekaman dari kamera analog ini mengikuti resolusi DVR yaitu resolusi digital. Sedangkan resolusi asli/analog dari kamera ini dapat dilihat ketika kamera disambungkan langsung ke televisi (analog monitor)

 

Resolusi Digital

Pada DVR, IP Camera dan NVR, video yang ditransmisikan adalah dalam bentuk digital, sehingga satuannya mengikuti standar digital seperti pada komputer, yaitu pixel. Untuk DVR, ada 3 resolusi yang populer yaitu CIF, D1 dan 960H. CIF berukuran 352×288pixel, D1 berukuran 704×576pixel dan 960H berukuran 704×576 pixel . Pada IP camera dan NVR resolusi dapat lebih tinggi lagi, ada beberapa kamera yang mempunyai resolusi hingga 5 Megapixel, sehingga dihasilkan gambar yang lebih tajam dan detail.

resolusicctv Resolusi Kamera CCTV
Tabel Resolusi – klik untuk memperbesar & melihat ukuran asli