kameracctvsemarang

Digital Video Recorder – DVR dan NVR

Secara garis besar ada 2 tipe alat perekam CCTV, yaitu DVR (Digital Video Recorder) dan NVR (Network Video Recorder). DVR adalah alat perekam untuk analog camera dan NVR adalah alat perekam untuk IP camera. Sedangkan alat perekam yang dapat merekam analog camera dan ip camera bersamaan dinamakan HVR (Hybrid DVR).

hybrid dvr secure Digital Video Recorder   DVR dan NVR
Secure 1008, 8 Channel Hybrid DVR (HVR)

 

Digital Video Recorder

Sinyal video dari kamera cctv analog ditransmisikan ke DVR secara analog menggunakan kabel coaxial (atau utp dengan tambahan balun). DVR mengubahnya menjadi video digital untuk disimpan dan ditransmisikan ke jaringan TCP/IP.

avc792 Digital Video Recorder   DVR dan NVR
Avtech AVC792, 4 Channel DVR

Kemampuan DVR bermacam-macam, yang paling utama adalah resolusi dan frame rate. Saat ini DVR yang ada di pasaran rata-rata mampu merekam resolusi D1 (704×576 pixel) dengan 25 fps (real time) dan rata-rata sudah dilengkapi dengan software untuk memantau dari tablet / smartphone.

Daftar Harga DVR CCTV Semarang

 

Network Video Recorder

Sinyal video dari ip camera ditransmisikan ke NVR secara digital menggunakan protokol TCP/IP. Media transmisinya dapat menggunakan kabel, wireless LAN, sampai fibre optics. Sinyal yang dikirim dari kamera sudah dalam bentuk digital.

avh0401 Digital Video Recorder   DVR dan NVR
Avtech AVH0401, 4 Channel NVR

Tentunya kemampuan rekam NVR lebih besar daripada DVR, beberapa merk NVR mampu merekam kamera sampai 8 Megapixel. Karena file videonya yang besar, beberapa NVR juga memiliki interface e-SATA, untuk menambah kapasitas harddisk.

Daftar Harga NVR CCTV Semarang